Pengertian dan Sejarah Mesin Tik

April 6th, 2013 by admin1 | Posted under Alat Kantor.

Mesin ketik atau mesin tik adalah mesin atau alat elektronik dengan sebuah set tomboltombol yang apabila ditekan menyebabkan huruf dicetak pada dokumen biasanya kertas. Dari awal penemuannya sebelum tahun 1870 sampai pada abad ke20 mesin ketik banyak digunakan oleh para penulis profesional dan pekerja di kantor. Sejak saat itu mesin tik telah menjadi bagian dari bisnis perusahaan dan menjadi produk komersil di seluruh dunia. Walaupun masih populer dengan beberapa profesi seperti penulis mesin ketik fungsinya telah teralihkan dengan kehadiran mesin lain. Pada akhir dasawarsa 1980an mesin pengolah kata dan komputer pribadi personal computer telah menggantikan fungsi mesin ketik di beberapa negara di dunia bagian barat. Walaupun demikian mesin ketik masih digunakan di beberapa negara tertentu di dunia hingga saat ini.

Akan tetapi karena belum adanya standarisasi listrik dan perbedaan yang ada di tiap kota maka pada tahun 1909 Charles dan Howard Krum mendapatkan hak paten atas penemuannya. Pada tahun 1914 diciptakan sebuah mesin ketik yang dapat dioperasikan dengan daya tertentu. Model mesin ketik elektrik ini menyingkirkan hubungan mekanik langsung antara tomboltombol dengan elemen yang menyangkut pada kertas.

IBM dan Remington Rand merupakan model mesin tik yang terkemuka hingga pada suatu saat IBM memperkenalkan mesin ketik IBM Selectric pada tahun 1961 yang menggantikan typebar dengan typeball. Desain seperti ini memiliki banyak keuntungan antara lain yaitu kemudahan dan kelancaran dalam pengoperasian mesin ketik serta kualitas hasil ketik yang lebih tinggi.

Inovasi selanjutnya yaitu Correcting Selectrics sebuah fitur yang berfungsi untuk mengoreksi kesalahan pada hasil ketik. Cara kerja sistem ini yaitu selotip yang berada di depan pita karbon film dapat menghapus bubuk hitam pada pada karakter yang diketik di kertas. Ada dua tipe mesin ketik yang mempunyai konsep penjarakan proporsional yaitu IBM Electronic Typewriter 50 dan Selective Composer yang dilengkapi dengan fitur justifikasi pada margin kanan.

Tata letak qwerty pada papan ketik sudah menjadi standarisasi dan tetap digunakan hingga saat ini. Pada tahun 1874 Sholes dan Glidden menciptakan mesin ketik dengan tata letak papan ketik qwerty. Tata letak ini telah menjadi standar dalam mesin ketik dan papan ketik komputer yang berbahasa Inggris. Tipe qwerty disesuaikan di beberapa negara lain seperti qzerty di Itali azerty di Perancis dan qwertz di Jerman. Tata letak ini dianggap kurang efisien karena memperlambat juru tulis dalam mengetik. Walaupun demikian tata letak seperti ini dapat mengurangi frekuensi typebar yang mengganjal dan macet pada mesin.

Kemudian muncul sejumlah usulan mengenai tata letak yang radikal seperti Dvorak tetapi tidak ada yang mampu menggantikan qwerty.mesin tik Blickebsderfer dengan tata letak Dhiatensor mempunyai kemungkinan sebagai usaha pertama yang mengoptimalkan tata letak mesin ketik untuk keuntungan efisiensi.

Do you have any comments on Pengertian dan Sejarah Mesin Tik ?